Analisis Integritas Pengguna Jasa Penyewaan Scaffolding Pada UD. Solo Indah Palu

Berbicara tentang integritas berarti berbicara tentang konsistensi antara dua hal yaitu pikiran dan tindakan dalam bentuk pengambilan keputusan. Seseorang yang memiliki integritas bisa menjalankan sesuatu dengan baik, memperbaiki kesalahan dan mampu mengubah dirinya. Integritas merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap orang terlebih lagi saat menjalin kerja sama, seperti dalam penyewaan jasa scaffolding.

Dalam dunia konstruksi bangunan dikenal sebuah perlengkapan yang bernama scaffolding atau steger. Dahulu kala alat ini berupa susunan bambu atau kayu, namun dewasa ini berbentuk suatu sistem modular dari pipa atau tabung logam, meskipun juga dapat menggunakan bahan-bahan lain. Scaffolding adalah suatu struktur sementara yang digunakan untuk menyangga manusia dan material dalam konstruksi atau perbaikan gedung dan bangunan–bangunan lainnya. Scaffolding sendiri terbuat dari pipa–pipa besi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mempunyai kekuatan untuk menopang beban yang ada di atasnya.

Salah satu penyedia jasa penyewaan scaffolding di Kota Palu adalah UD. Solo Indah. Sebagai penyedia jasa selain selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik tentu juga harus pandai menilai dan mempelajari karakter tiap pengguna jasa yang datang untuk menyewa scaffolding. Hal ini merupakan dasar kita untuk memberikan kepercayaan kepada pihak penyewa. Karena pihak penyewa yang datang memiliki karakter yang berbeda–beda, sering kali ada beberapa penyewa yang tidak bertanggung jawab.

Guna keamanan barang yang di sewa tentunya ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi oleh pihak penyewa yaitu menyetujui dan menanda tangani ketentuan yang berlaku dalam surat perjanjian sewa menyewa dan nota penyewaan antara lain bertanggung jawab jika terjadi kerusakan dan kehilangan pada scaffolding selama masa sewa serta membayar biaya perpanjangan sewa tepat pada waktunya  ketika masa sewa telah jatuh tempo. Meskipun demikian, masih saja ada beberapa penyewa yang tidak menaati peraturan yang berlaku.Mulai dari tidak membongkar scaffolding yang telah selesai dipakai,mengeluh saat biaya sewa ditagih terlebih saat penyewa merasa scaffolding tidak terpakai, padahal sesuai aturan yang tertera pada nota penyewaan adalah meskipun scaffolding tak digunakan biaya sewa tetap berjalan selama scaffolding tersebut belum dikembalikan oleh pihak penyewa. Dari uraian diatas maka perlu untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Integritas Pengguna Jasa Penyewaan Scaffolding Pada UD. Solo Indah Palu”.

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka dengan ini hal-hal yang akan dijadikan landasan pengkajian atau penelitian adalah: Apakah Integritas memiliki korelasi terhadap jasa penyewaan scaffolding pada UD. Solo Indah Palu ?

Nama : Rahmi Anisah