Analisis Kebijakan Penjualan Laptop Pada CV. Shunu Artha Cemerlang Palu

, , Leave a comment

Perusahaan bertujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba, meningkatkan nilai perusahaan, meningkatkan volume penjualan, dan memuaskan kebutuhan konsumen. Tercapainya tujuan tersebut ditentukan oleh kinerja perusahaan yang nantinya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan perusahaan. Dalam usahanya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi tersebut, maka tugas perusahaan bukan sekedar memproduksi dan memasarkan barang dan jasa, akan tetapi perusahaan harus pandai mempertimbangkan bagaimana strategi penjualan barang dan jasa tersebut.

Agar barang dan jasa tersebut dapat terjual dan mendapatkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Namun bila barang dijual secara tunai,  disertai harga barang tersebut mahal ini akan mengakibatkan konsumen tidak mampu membeli barang tersebut. Akibatnya konsumen akan beralih membeli merek lain yang memiliki kualitas hampir sama, dan harganya lebih terjangkau. Oleh karena itu, penjualan secara kredit menjadikan kebutuhan bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan, memperluas   pasar, dan memenangkan persaingan. Dengan penjualan kredit ini akan memudahkan konsumen-konsumen dalam membayar barang yang dibelinya karena barang yang dibeli bisa diangsur atau dikredit.

Shunu Artha Cemerlang Palu merupakan salah satu toko komputer yang menjual komputer PC/Branded, PC All In One, Laptop, Notebook, Printer, Toone dan Aksesoris komputer. CV. Shunu Artha Cemerlang Palu juga melayani jasa servis PC, Laptop dan Printer, yang ditunjang dengan tenaga service yang sangat profesional dibidangnya. Namun dalam memasarkan komputer jenis Laptop CV. Shunu Artha Cemerlang Palu harus bersaing dengan kopetitor yang terus bertambah dari tahun ke tahun, sehingga perlu adanya langkah agresif dalam merebut pangsa pasar. misalnya langkah yang diambil oleh CV. Shunu Artha Cemerlang Palu dalam meningkatkan jumlah penjualan CV. Shunu Artha Cemerlang Palu, menawarkan dua kebijakan penjualan yaitu penjualan tunai dan penjualan kredit, sebagai solusi mengimbangi daya beli masyarakat, jika konsumen belum mampu membeli secara tunai maka CV. Shunu Artha Cemerlang Palu menawarkan pembelian secara kredit.

Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian ini berjudul “Analisis Kebijakan Penjualan Laptop pada CV. Shunu Artha Cemerlang Palu”

Nama : I Gede Merta Sukadana