Analisis Kinerja Keuangan Pada PT. Trisakti Della Maharani

, , Leave a comment

Perusahaan sebagai salah satu bentuk organisasi pada umumnya memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai dalam usaha untuk memenuhi kepentingan para stakeholder. Adapun tujuan perusahaan antara lain untuk memperoleh keuntungan (Profit), meningkatkan nilai perusahaan dan untuk memuaskan kebutuhan masyarakat. Tercapainya kebutuhan tersebut ditentukan oleh kinerja yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Laporan keuangan merupakan sumber informasi yang berhubungan dengan posisi keuangan dan kinerja keuangan perusahaan yang diperoleh melalui data laporan keuangan tersebut dianalisis lebih lanjut sehingga akan diperoleh informasi yang dapat mendukung keputusan yang dibuat. Laporan keuangan ini harus menggambarkan semua data keuangan yang relevan dan telah ditetapkan prosedurnya sehingga laporan keuangan yang ada pada perusahaan dapat diperbandingkan agar tingkat akurasi analisis dapat di pertanggungjawabkan yang menjadi faktor yang penting untuk menilai profitabilitas.

Efektifitas manajemen disini dilihat dari laba yang dihasilkan terhadap penjualan dan investasi perusahaan, yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam mendapatkan laba melalui semua kemampuan dan sumber yang ada seperti kegiatan penjualan, kas, modal, jumlah karyawan, jumlah cabang, dan sebagainya.

Tingkat Profitabilitas yang tinggi pada suatu perusahaan akan meningkatkan daya saing antar perusahaan. Perusahaan yang memperoleh tingkat keuntungan yang tinggi akan membuka cabang yang baru serta memperbesar investasi atau membuka invertasi baru terkait dengan perusahaan induknya. Tingkat keuntungan yang terpola akan meningkat setiap periodenya menandakan pertumbuhan perusahaan mengalami kemajuan sehingga dapat menjadi indikator keberhasilan sebuah perusahaan.

Efektivitas dan efesiensi suatu perusahaan dalam menjalankan operasinya ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam memperoleh profitabilitas dan aktivitas dalam perusahaan. Dengan demikian penggunaan analisis rasio keuangan dapat menggambarkan kinerja keuangan yang telah dicapai. Untuk itu pehak manajemen perlu melakukan analisis terhadap kinerja keuangan yaitu berupa analisis yang bersifat fundamental dan intergratif yang nantinya akan memberikan gambaran yang mendasar dan menyeluruh tentang posisi dan prestasi keuangan.

Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan masalah adalah: 1). Bagaimana kinerja keuangan berdasarkan rasio profitabilitas pada PT. Trisakti Della Maharani dalam lima tahun terakhir. 2). Bagaimana kinerja keuangan berdasarkan rasio aktivitas pada PT. Trisakti Della Maharani dalam lima tahun terakhir.

Nama : Nicolaus Salama