Analisis KoordinasiI Camat Di Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Mamuju Utara

Penetapan undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah membawa konsekuensi logis terhadap pergeseran paradigma pembangunan yang awalnya semua berpusat atau bersumber dari pemerintah pusat menuju pada pemerintahan yang berasal dari daerah atau yang dikenal dengan otonomi daerah. Hal  tersebut menyebabkan otonomi atau kewenangan dalam mengolah daerah diletakkan pada pemerintah propinsi, kabupaten/kota sampai ketingkat kecamatan dan desa, yang bermakna bahwa daerah tersebut telah diserahi kewenangan untuk mengurus dan mengelola berbagai sumber daya yang dimilikinya sesuai dengan kemampuan yang ada.

Kepala wilayah kecamatan atau camat adalah salah satu unsur pelaksanaan penyelenggara pemerintahan di wilayah administratif kecamatan merupakan perangkat daerah kabupaten/kota, yang menerima pelimpahan sebagian wewenang kepala daerah/bupati/walikota yang memiliki fungsi yang sangat penting dan strategis dalam membantu tugas-tugas bupati/walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan, sehingga untuk melaksanakan tugas dan fungsinya camat membutuhkan adanya koordinasi. Bagaimanapun juga camat sebagai perangkat daerah tidak bisa melaksanakan fungsi dan tugasnya dengan baik tanpa bantuan atau kerjasama dengan berbagai unsur pemerintah lainnya baik yang berada di atasnya maupun di bawahnya.

Koordinasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah kecamatan adalah merupakan suatu usaha untuk menyelaraskan tindakan dan menyerempakkan waktu yang telah dilakukan oleh berbagai kesatuan unit terpisah dalam suatu organisasi di kecamatan agar tugas-tugas tercipta secara harmonis. Dengan terlaksananya koordinasi degan baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi maka tujuan yang telah ditetapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan kecamatan dapat tercapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dengan demikian camat harus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mengimplementasikan secara baik fungsi-fungsi yang melekat padanya sebagaimana yang telah dibebankan dari atasannya yaitu Bupati/Walikota. Dalam penyelenggaraan pemerintahan kecamatan yang esensinya untuk pembangunan masyarakat kecamatan yang senantiasa menjadi prioritas utama, seperti halnya dengan mengupayakan pelaksanaan tugas-tugas sebagai Kepala Kecamatan, Camat juga senantiasa mengupayakan keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

Untuk itu indikasi utama dari ukuran bentuk keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan yang dipimpin oleh Camat adalah bagaimana Camat dapat menempatkan diri sebagai pimpinan dalam mengkoordinasikan berbagai elemen-elemen pendukung penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kecamatan guna merealisasikan program-program pemerintah daerah yang telah dicanangkan untuk di implementasikan pada wilayah kecamatan.

Di Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Mamuju Utara, posisi camat bukan hanya dilihat sebagai pimpinan tetapi juga sebagai tokoh panutan. Keberadaan camat yang merupakan aset daerah seharusnya dapat menunjukan kepemimpinannya dalam mempengaruhi berbagai elemen pemerintah kecamatan, pemerintah desa serta masyarakat untuk bersama membangun di Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Mamuju Utara kearah lebih baik.

Kurang tegasnya kepemimpinan camat Bambalamotu Kabupaten Mamuju Utara dalam memberikan sanksi bagi staf bawahannya dan aparat desa dalam lingkup wilayah kerjanya berimbas pada kurang terkoordinasinya pertemuan-pertemuan antara pihak kecamatan dan pemerintah desa dan instansi terkait karena banyak mereka yang tidak dapat hadir pada rapat koordinasi tersebut. Seperti dalam rapat koordinasi dalam proses perencanaan pembangunan ataupun pertemuan koordinasi lainnya, hal tersebut mengindikasikan belum koordinasinya tugas dan fungsi yang diemban Camat Bambalamotu Kabupaten Mamuju Utara.

Berdasarkan pada fenomena sebagaimana telah penulis ketengahkan dalam latar belakang tersebut, maka penulis termotivasi untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Koordinasi Camat di Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Mamuju Utara”.

Nama : Makmur Wangsyah