Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usaha Bawang Putih Goreng CV. Sofie Localfood Di Kota Palu+

Sektor pertanian dan industri merupakan sektor yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. .   Pertanian sebagai penyedia bahan baku, sedangkan industri mengolah  hasil  pertanian  untuk  meningkatkan  nilai  tambah.  Industri  kecil  mempunyai peranan sangat besar terhadap roda perekonomian suatu negara. Industri kecil yang mengolah hasil-hasil  pertanian  (agroindustri)  tahan  terhadap dampak  krisis  ekonomi,  bersifat  padat karya  dan  merupakan  salah  satu  alternatif  dalam  membangun  kembali  perekonomian Indonesia saat ini. Industri kecil juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar perusahaan, serta dapat menciptakan nilai tambah bagi produk pertanian khususnya pangan. (Assauri,2004).

Negara Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang terletak diantara dua benua yang memberikan keuntungan yang sangat besar bagi Indonesia. Negara agraris dengan produksi hasil-hasil pertanian yang beragam, diharapkan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi baik saat ini maupun masa yang akan datang. Diperlukan kondisi ekonomi yang seimbang antara bidang industri yang didukung oleh bidang pertanian yang tangguh.

Tanaman bawang putih (Allium sativum L.) adalah tanaman holtikultura yang memiliki banyak manfaat terutama umbinya yang digunakan sebagai bumbu dan dapat   mengobati beberapa penyakit seperti infeksi pernafasan dan untuk meningkatkan vitalitas tubuh (Pratimi,1995). Wijaya et al. (2014) menyatakan bahwa produksi bawang putih di Indonesia belum mampu memenuhi permintaan kebutuhan pangan masyarakat sehingga menyebabkan selisih dan kekosongan yang cukup besar antara konsumsi dan produksi  dalam negeri. Industri  bawang  putih  goreng  pada  CV.  Sofie  Localfood  di  Kota  Palu  merupakan industri berskala rumah tangga,  yang rutin memproduksi bawang putih goring.

Berdasarkan uraian diatas, maka permasalahan yang ditetili adalah berapa besar pendapatan dan apakah usaha bawang putih goreng CV. Sofie Localfood di Kota Palu layak diusahakan.

Nama : Malinda