Efektivitas Aparatur Sipil Negara Pada Bagian Umum Dan Kepegawaian Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu

Berbagai pengaruh perubahan yang terjadi yang disebabkan reformasi menuntut organisasi baik organisasi swasta maupun pemerintah untuk mengadakan inovasi inovasi guna menghadapi tuntutan perubahan. Suatu organisasi haruslah mampu mengatasi setiap perubahan yang akan terjadi dan yang menjadi salah satu perhatian adalah menyangkut sumber daya manusia.

Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat sentral dalam organisasi, apapun bentuk dan tujuan organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia. Pentingnya sumber daya manusia dalam suatu organisasi khususnya bagi organisasi pemerintah, menuntut setiap organisasi pemerintah memiliki Aparatur Sipil Negara yang berkualitas dan produktif untuk menjalankan organisasi pemerintah.

Aparatur Sipil Negara yang terdapat di rumah sakit tidak terlepas dari Undang-Undang tersebut, eksistensi rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempercepat derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Pemerintah dalam hal ini telah bersungguh- sungguh dan terus menerus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit baik yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitasi, termasuk pada Bagian Umum dan Kepegawaian Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu sebagai salah satu bagian elemen dari rumah sakit diharapkan dapat menerapkan efektivitas kerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu sebagai salah satu sarana kesehatan tempat menyelenggarakan upaya kesehatan bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat khususnya yang berdomisili di Kota Palu. Walaupun realitasnya dalam pengelolaannya Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu belum sesuai dengan harapan masyarakat. Sehingga berdasarkan realitas tersebut idealnya Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu dapat menerapkan efektivitas dalam pengelolaanya termasuk pada Bagian Umum dan Kepegawaian Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu sebagai salah satu bagian yang penting dalam pengelolaan rumah sakit.

Berdasarkan data yang diperoleh dari rekam medis, tingkat hunian atau pemanfaatan tempat tidur di Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu selama beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan. Angka penggunaan tempat tidur atau BOR (Bed Occupancy Rate) pada tahun 2013 sebesar 70,2 %, tahun 2014 sebesar 81,9%, tahun 2015 sebesar 85,4%, pada tahun 2016 sebesar 80%, pada tahun 2017 sebesar 83,7% (Profil RSU Anutapura Palu, 2017)

Oleh karena itu sebagai bagi dari organisasi pemerintah maka Rumah Sakit Umum Anutapura sebagai salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus mampu memberikan pertanggungjawaban baik secara finansial maupun non finansial kepada pemerintah daerah dan masyarakat sebagai pengguna jasa. Dengan demikan perlu adanya suatu penerapan efektivitas pada Bagian Umum dan Kepegawaian Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu sebagai salah satu tolak ukur optimalnya pengelolaan rumah sakit tersebut.

Nama : Ainun A Mi’raj