Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah Di Desa Pinamula Baru Kecamatan Momunu Dalam Tinjauan Pendidikan Islam

Dalam sejarah pertumbuhan hukum islam menunjukkan bahwa pengaruh adat sosio kultural suatu masyarakat terhadap pembentukan hukum Islam sangat kuat. Hal ini terlihat pada hasil ijtihad para imam mazhab, seperti imam Malik banyak dipengaruhi adat masyarakat kota Madinah Imam Syafi’i banyak dipengaruhi adat masyarakat Mesir pada qaul jadidnya dan masyarakat Baghdad pada qaul qdimnya.

Pengaruh adat kepercayaan dalam kehidupan masyarakat adalah suatu hal yang perlu dirisaukan bagi ummat manusia di mana masyarakat masih memiliki kepercayaan yang tidak mendasar dalam hukum syariat islam, sebab hukum adalah adat pada prinsipnya mengandung proses dinamik penolakan bagi yang buruk dan menerima yang baik. Sesuai dengan hukum agama yang berlaku. Persoalan menjadi serius manakala pertumbuhan kepercayaan ataupun suatu kebiasaan masyarakat secara absolut bertentangan dengan noktah-noktah hukum dalam agama.

Ritual-ritual yang dibuat atau dipakai orang –orang masyarakat sukun pedalaman islam yang masih disesuaikan dengan tradisi orang-orang terdahulu, yaitu seperti adat mitoni (memperingati 7 bulan kehamilan) memperingati orang mati dengan ritual doa seminggu 40 hari, adat selamatan dan masih banyak adat-adat kebiasaan islam lain yang dihubungkan dengan tradisi orang-orang terdahulu.

Kepercayaan terhadap mahluk jahat tidak saja ada pada agama Islam, tetapi juga ada dalam agama Hindu maupun kepercayaan primitif. Dalam Islam makhluk jahat itu disebut syaitan dan pemimpin setan disebut iblis, ada juga jin yang termasuk dengan golongan jahat, tetapi ada yang dapat dimanfaatkan untuk membantu manusia.

 Oleh karena itu, penulis menaggap menarik untuk meneliti hal ini dengan mengangkat judul “ Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah di Desa Pinamula Kecamatan Momunu Dalam Tinjauan Pendidikan Islam” agar dapat mengetahui kepercayaan masyarakat desa Momunu terhadap arwah serta bagaimana ritual tersebut menurut pandangan Islam. Dengan rumusan masalah bagaimana Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah di Desa Pinamula Baru Kecamatan Momunu? Dan bagaimana tinjauan pendidikan Islam terhadap Kepercayaan Masyarakat Terhadap Arwah di Desa Pinamula Baru Kecamatan Momunu?

Nama : Asni