Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Bermain Peran Di TK Negeri Model Terpadu Madani

Peningkatan kompetensi anak Tk merupakan hal yang sangat substansial  dalam rangka meningkatkan potensinya sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Mengacu pada hal tersebut maka peningkatan potensi anak TK harus dilakukan secara terprogram yang mengacu pada kurikulum serta tuntutan perkembangan zaman. Taman Kanak-Kanak merupakan lembaga pendidikan yang berada pada jalur  formal yang bertanggung jawab memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak didik. Tugas utama institusi atau lembaga PAUD Negeri terpadu Madani Palu ini adalah menyiapkan anak didik untuk mencapai perkembangannya secara optimal. Seorang anak dikatakan telah mencapai perkembangan secara optimal apabila memperoleh pendidikan dan prestasi belajar  yang sesuai dengan bakat, kemampuan dan minat yang dimilikinya sehingga dapat melaksanakan kegiatannya dengan mandiri.

Jika dicermati peningkatan potensi anak usia dini khususnya anak di Taman Kanak-Kanak diarahkan pada usaha untuk meningkatkan kemampuan, dan keterampilan anak sehingga memiliki kemandirian dalam melaksanakan aktivitas. Oleh karenanya pendidikan di Taman Kanak -Kanak perlu memberikan kesempatan kepada anak untuk memenuhi kebutuhan mengekspresikan kemandirian yang dibutuhkan dalam menyesuaikan diri dengan orang lain dari berbagai tatanan, baik  keluarga, sekolah dan teman sebaya.

Eksistensi kemandirian adalah bagian yang sangat penting dari kepribadian seorang anak yang perlu terus ditingkatkan ke arah yang positif. Peningkatan kemandirian anak dilakukan agar anak memahami bahwa keberadaan dirinya tidak harus selalu tergantung pada orang lain dan lingkungannya. Kemandirian anak akan menjadikan dirinya menjadi pribadi yang tegar dan dapat memecahkan masalah secara mandiri. Anak yang memiliki kemandirian biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tidak sombong dan selalu berpikiran yang positif.

Hal paling menonjol yang ditunjukkan oleh anak yang memiliki kemandirian yang tinggi adalah kemampuan dan tanggung jawabnya terhadap tugas. Anak yang mandiri akan berupaya untuk menyelesaikan tugasnya tepat waktu dan berupaya agar tugasnya tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Dengan perilaku mandiri yang ditunjukkan anak maka akan memudahkan bagi dirinya untuk melaksanakan aktivitas belajar baik di sekolah maupun di rumah. Kemandirian merupakan manifestasi dari perilaku mampu berinisiatif, mampu mengatasi hambatan/masalah, mempunyai kemandirian dan dapat melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain.

Dalam konteks ini kemandirian berupa hasrat untuk mengerjakan segala sesuatu  bagi diri sendiri,misalnya mampu merapikan permainannya, memakai dan melepaskan baju dan sepatu sendiri, dan lain sebagainya. Salah satu kemandirian yang perlu ditingkatkan pada anak usia ini khususnya di Taman Kanak-Kanak adalah kemandirian dalam proses belajar di kelas. Kemandirian ditunjukkan dengan upaya anak untuk melakukan aktivitas sendiri tanpa bantuan orang lain.

Nama : Murni