Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Media Bahan Alam Pada Anak TK Kartika

Masa anak usia dini merupakan masa pembentukan pondasi dasar kepribadian yang akan menentukan pengalaman anak selanjutnya. Masa ini anak memiliki karakteristik yang khas, baik secara fisik, psikis, moral. Oleh karena itu, dalam masa inilah anak harus dikembangkan potensinya, salah satu bentuk peningkatan dan pengembangannya melalui satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan di Indonesia secara formal yaitu dengan kisaran usia antara 4 sampai 6 tahun (Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan Anak Usia Dini pasal 1 ayat 7). Pendidikan formal tersebut dikelompokkan kedalam kelompok A usia 4-5 tahun dan kelompok B3 usia 5-6 tahun. Pada usia 5-6 tahun, anak masih mengalami masa keemasan (golden age) sehingga dibutuhkan stimulasi yang baik agar anak-anak dapat menyerap banyak informasi dari lingkungannya.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka dalam hal ini dari hasil observasi di TK Kartika pada kelompok B3 dalam peningkatan perkembangan motorik halus dalam kegiatan kolase dengan media bahan alam jarang sekali dihadirkan di kelas. sehingga dampaknya teridentifikasi permasalahan pada anak yaitu: (1) Hampir 75% anak diĀ  kelompok B3 TK Kartika belum bisa menempel atau membuat gambar sendiri sesuai dengan imajinasinya; (2) Anak belum bisa menempel potongan gambar atau kolase pada gambar tepat dan rapi; (3) Kelenturan tangan anak dalam menggunakan tangan sebagai persiapan menulis belum terlihat masih kaku; (4) Unsur kesabaran dan kesungguhan pada anak belum terlihat belum dalam mengerjakan tugas atau kegiatan yang diberikan.

Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti merasa perlu diadakan penelitian tindakan kelas pada anak kelompok B3 di TK Kartika dengan fokus penelitian hanya pada meningkatkan perkembangan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan menggunakan media bahan alam pada anak TK Kartika.

Nama : Anita A. Hi. Umar