Mitos Menaruh Lampu Di Atas Kuburan Plasenta Bayi Di Desa Lakea I Kecamatan Lakea Kabupaten Buol Dalam Tinjauan Pendidikan Islam

Mitos merupakan cerita yang terjadi di masa lalu yang berkaitan dengan tempat, alam, dongeng suci, kata-kata suci maupun adat istiadat yang terjadi di suatu daerah. Mitos juga merujuk pada satu cerita dalam sebuah kebudayaan yang dianggap mempunyai kebenaran mengenai suatu peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Mitos yang ada pun menjadi turun temurun dipercaya dan dilestarikan oleh masyarakat di tiap generasi, sebab masyarakat beranggapan bahwa mitos sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Mereka kebanyakan mengabaikan logika dan lebih mempercayai hal-hal yang telah turun temurun ada dari pendahulunya.

Bagi masyarakat yang masih menganut spiritual, plasenta dipandang tidak hanya berperan saat dalam kandungan. Plasenta adalah organ berbentuk cakram yang menghubungkan janin dengan dinding rahim yang menjadi jalan perantara bagi pernapasan, pemberian makanan, dan pertukaran zat buangan antara janin dan darah ibu, keluar dari rahim mengikuti janin yang baru lahir. Plasenta merupakan sebuah penggambaran bahwasanya plasenta tetap menjadi satu bagian yang tidak terpisahlan dalam kehidupan orang masyarakat, plasenta merupakan adik kandung atau saudara kandung, setiap pribadi plasenta salah satu saudara yang selalu ada dan menemani diri pribadi kemanapun pergi, sebagaimana nafsu yang selalu melekat pada diri seseorang.

Di Desa Lakea I Kecamatan Lakea Kabupaten Buol, biasanya plasenta ditanam dalam adat tersendiri. Tidak ada sekelompok tetangga yang biasanya ikut upacara selamatan untuk menyaksikan kegiatan ini. Bagi masyarakat Desa Lakea I menaruh lampu diatas kuburan plasenta bayi dipercaya supaya kedepan bayi dalam menjalani kehidupan selalu mendapat kebaikan dan memperoleh kehidupan yang terang.

Bertitik tolak dari kenyataan-kenyataan inilah maka peneliti tertarik mengadakan penelitian ilmiah untuk menyingkap Mitos menaruh Lampu di atas Kuburan Plasenta Bayi di Desa Lakea I Kecamatan Lakea Kabupaten Buol dalam Tinjauan Pendidikan Islam.

Nama : Sulasmini