Penerapan Metode Eklektik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTS Alkhairat Dolo

Tuntutan masyarakat akan tenaga kependidikan terutama guru amat terasa pada pendidikan formal untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan. Di lembaga pendidikan formal ini, guru menjalankan tugas pokok dan fungsi yang bersifat multi peran, yakni sebagai pengajar, pendidik dan pembimbing.

Motivasi belajar siswa harus dipahami dengan baik oleh setiap pendidik. Karena dengan pemahaman terhadap motivasi belajar siswa, maka seorang pendidikan dapat memilih metode atau model penyampaian materi yang cocok sehingga mudah dipahami siswa.

Metode eklektik ini menitik beratkan pada keaktifan siswa. Keaktifan siswa dalam peristiwa pembelajaran mengambil beraneka ragam bentuk kegiatan, dari kegiatan aktif di dalam kelas seperti siswa yang aktif membaca, mendengarkan penjelasan guru, diskusi dan model belajar yang lainnya. Guru di MTs Al-Khairaat Dolo selalu berusaha secara optimal dalam pembelajaran, mengarahkan membelajarkan siswa sebagaimana belajar memperoleh dan memproses hasil belajar anak didiknya tentang pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai. Kegiatan siswa dalam pembelajaran terjadi pada waktu proses pembelajaran sehingga siswa dapat mencapai target pencapaian pembelajaran.

Berdasarkan hasil observasi awal penulis mendapati guru menggunakan metode lebih dari satu saat proses pembelajaran berlangsung. Misalnya mata pelajaran fiqh guru memberikan penjelasan dengan metode ceramah terkait pokok bahasan fiqh, namun pada kesempatan lain guru mata pelajaran tersebut mempraktekkannya seperti cara bersuci dan tata cara shalat.

Atas dasar uraian tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang “Penerapan Metode Eklektik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Khairaat Dolo”.

Nama : Magfira