Pengaruh Faktor Gaya Hidup, kelas sosial dan kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu”.

Kemajuan teknologi di bidang otomotif terutama kendaraan roda dua serta semakin sadarnya konsumen mendorong nilai-nilai kritisisme, tidak saja memaksa produsen untuk intensif membuat desain (teknik rekayasa) kendaraan yang dapat diterima pasar, tetapi mengharuskan mereka berpikir inovatif agar produk mereka senantiasa diterima pasar tidak saja dalam jangka pendek tetapi juga dapat diterima dalam jangka panjang.

Pengaruh tersebut timbul dari berbagai sisi, seperti persaingan usaha yang semakin tajam, perubahan selera dan pilihan konsumen, yang ditunjang oleh kemajuan teknologi. Pertumbuhan penduduk juga mendorong kebutuhan manusia semakin tidak terbatas, baik dalam jenis maupun jumlahnya. Perkembangan dunia usaha yang semakin cepat dan diiringi dengan meningktanya persaingan menuntut perusahaan untuk semakain meningkatkan kinerjanya. Hal ini dilakukan demi meningkatkan profit.

Disatu pihak kemajuan teknologi yang dipandang dari segi waktu dan biaya telah mendekatkan jarak antara konsumen dan produsen. Di lain pihak kedekatan tersebut tidak berarti mempermudah usaha pemenuhan selera konsumen akan semakin membuat masalah tersebut semakin kompleks. Situasi pasar yang demikian kompetif dengan dukungan jaringan informasi membawa perubahan yang cenderung cepat dalam pola belanja konsumen pada bidang industri khususnya otomotif. Kecenderungan tersebut sangat ditentukan oleh konsumen. Begitu tingginya usaha perdagangan motor dari berbagai jenis dan merek yang ditawarkan oleh Dealer, menyebabkan persaingan dalam usaha perdagangan tersebut semakin tinggi.

Persaingan antar Dealer juga terjadi di Kota Palu. Kota Palu adalah salah satu Kota yang sangat memerlukan alat transportasi yang dapat menghubungkan antara daerah diseluruh wilayah baik kecamatan maupun pedesaan. Tuntutan berbagai kebutuhan, pekerjaan, aktivitas, maupun yang berkaitan dengan pribadi membuat masyarakat di Kota Palu harus menggunakan alat transportasi. Alat transportasi yang paling dominan terdapat di Kota Palu harus adalah sepeda motor.

alah satu kendaraan roda dua yang paling diminati oleh masyarakat Kota Palu sebagai alat transportasi adalah Yamaha Matic Mio Sporty. Kendaraan ini banyak diminati karena mampu melakukan inovasi setiap tahun yang menampilkan model-model baru sesuai dengan perkembangan zaman masa kini. Selain itu juga Yamaha Matic Mio Sporty baik digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh bagi pengendaranya. Sehingga sangatlah wajar hal tersebut dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam proses pembelian. Yamaha Matic Mio Sporty adalah motor merek Yamaha dengan tingkat penjualan yang meningkat dalam 2 bulan terakhir.

Data di atas memperlihatkan peningkatan penjualan pada sepeda motor merek Yamaha Matic Mio Sporty dari tahun 2014-2015. Kegiatan pembelian, apabila ditelusuri lebih dalam hanyalah merupakan salah satu tahap dari keseluruhan proses keputusan pembelian. Proses pengambilan keputusan pembelian menurut Setiadi (2003:16) melalui tahap : mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi, internatif, keputusan membeli, dan perilaku pasca pembelian. Namun tidak selalu semua tahap tesebut dilalui atau dilaksankan oleh konsumen. Keseluruhan proses tersebut biasanya dilakukan pada situasi tertentu saja, misalnya pada pembelian pertyama dan atau pembelian barang-barang yang harga atau nilainya relatif tinggi.

Pada dasarnya, konsumen akan lebih mudah mengambil keputusan pembelian yang sifatnya pengulangan atau terus menerus terhadap produk yang sama. Apabila faktor-faktor yang mempengaruhinya berubah, maka konsumen akan melakukan pertimbangan kembali dalam keputusan pembeliannya. Keputusan yang menjadi pertimbangan konsumen meliputi keputusan tentang : jenis produk, bentuk produk, merek produk, jumlah produk, waktu pembelian, dan cara pembayaran.

Keputusan pembelian terhadap suatu produk sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen, untuk itu dalam melakukan penjualan perlu diperhatikan hal tersebut. Keputusan pembelian adalah tindakan konsumen dalam usaha memenuhi keinginan dan kebutuhan yang merupakan proses penentuan sikap atau pembelian terhadap barang dan jasa untuk memahami perilaku konsumen dalam pembelian membutuhkan proses, dikarenakan setiap saat mengalami perubahan. Perubahan yang akan berpengaruh langsung terhadap pola perilaku konsumen diantarana faktor variabel segmentasi psikografi yang terdiri dari kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.

Kelas sosial mengacu pada pengelompokkan orang yang sama dalam perilaku mereka berdasarkan posisi ekonomi mereka di pasar. Kelas sosial akan mepengaruhi jenis produk, jenis jasa, dan merek yang dikonsumsi konsumen. Kelas sosial juga mempengaruhi pemilihan toko, tempat pendidikan, dan tempat berlibur dari seorang konsumen. Konsumen juga sering memiliki persepsi mengenai kaitan antara satu jenis produk atau saebuah merek dengan kelas sosial konsumen.

Minat manusia dalam berbagai barang dipengaruhi oleh gaya hidup dan barang yang mereka beli mencerminkan gaya hidup tersebut. Gaya hidup merupakan faktor yang perlu diperhatikan oleh para marketing dalam memasarkan produknya. Gaya hidup seseorang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya, ada orang yang cepat mengikuti perubahan gaya hidup atau trend masa kini dan ada juga orang yang tidak terlalu memperhatikan hal tersebut. Orang yang mengutamakan gaya hidup akan selalu berusaha mengikuti perkembangan produk masa kini, walaupun untuk memperolehnya harus mengeluarkan uang yang cukup besar asalkan dapat mencerminkan gaya hidupnya.

Kepribadian merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda yang mempengaruhi perilaku pembeliannya, dengan memahami karakteristik kepribadian konsumen akan sangat bernilai bagi pemasar. Kepribadian biasanya dijelaskan dengan menggunakan ciri-ciri seperti kepercayaan diri, dominasi, otonomi, ketaatan, kemampuan bersosialisasi, variabel yang sangat berguna dalam mengenalisis perilaku konsumen, asalkan jenis kepriadian tersebut dapat diklasifikasikan dengan akuran dan terdapat korelasi yang kuat antara jenis kepribadian tertentu dengan pilihan produk atau merek. Untuk dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan pangsa pasar motor Yamaha Matic Mio Sporty, para marketingnya harus selalu memperhatikan perilku konsumen yang dipengeruhi oleh faktor variabel segmentasi psikografi yang terdiri dari kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian. Sehingga penawaranya tepat pada sasaranya. Akan tetapi, apakah faktor Gaya hidup yang tediri dari kelas sosial dan kepribadian dapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Matic Mio Sporty, atas dasar itulah peneliti melakukan penelitian dengan mengangkat judul “ Pengaruh Faktor Gaya Hidup, kelas   sosial dan  kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu”.

Nama : Haris Abdul Kadir