Peran Metode Buzz Group Dalam Membangkitkan MotivasiI Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Muhammadiyah Nunu Palu

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan sumber daya dan tuntutan zaman yang semakin kompleks. Pada pembentukan kepribadian individu dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal (lembaga sekolah) maupun prndidikan non formal (lingkungan keluarga dan masyarakat). Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses perbuatan, cara mendidik. Perkembangan dunia telah mengubah dunia menjadi satu kampung tanpa batas. Dalam situasi demikian, untuk mampu bertahan, setiap negara di tuntut menyiapkan diri agar mampu berkopetensi dengan negara lain di dunia. Kemampuan negara untuk berkompetensi dengan negara lain hanya dimiliki jika negara memiliki sumber daya yang unngul.

Kesuksesan belajar peserta didik tidak hanya tergantung pada intelegensinya saja, akan tetapi juga tergantung pada bagaimana guru menggunakan metode yang tepat dan memberinya motivasi, maksudnya adalah guru harus memiliki strategi agar peserta didik dapat belajar secara efektif, dan efisien mengenai pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-tenknik penyajian atau biasanya disebut metode mengajar. Untuk memenuhi salah satu kompetensi guru dalam sistem utama intruksional yang modern, maka guru dapat menggunakan atau memiliki teknik-teknik atau metode penyajian pelajaran dalam kelas yang sesuai dengan siruasi yang suatu mata pelajaran, agar bahan pelajaran tersebut dapat ditangkap dan dipahami yang nantinya dapat mencapai hasil belajar yang efektif dan efisien serta mengenai sasaran.

Melihat kenyataan tersebut guru perlu menyusun suatu strategi dengan memberikan pengalaman yang luas kepada peserta didik dalam keterampilan berbicara. Salah satunya yaitu dengan menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa untuk aktif berpendapat, menyampaikan informasi, dan bertukar pengalaman sehingga melatih keterampilan berbicara peserta didik dengan berdiskusi.

Untuk itulah peneliti merasa perlu untuk mengadakan penelitian dengann judul “Peran Metode Buzz Group Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Muhammadiyah Nunu Palu.

Adapun rumusan masalah tersebut dapat di jabarkan dalam sub masalah dibawah ini: (1) Bagaimana pelaksanaan Metode Buzz Group di MTS Muhammadiyah Nunu Palu? (2) Bagaimana Iplikasi pelaksanaan Metode Buzz group dalam membangkitkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Muhammadiyah Nunu Palu?

Nama : Khairia Ningsih