Peranan Ekstrakulikuler Seni Kaligrafi Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Nunu Palu

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan disekolah yang sering disebut dengan ekskul. Kegiatan ekskul memiliki banyak manfaat bagi peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat setiap peserta didik. Manfaat, fungsi dan tujuan diadakannya kegiatan kegiatan ekstra kurikuler adalah sebagai wadah penyalur hobi, minat, bakat dan kreatifitas, jiwa sportivitas, meningkatkan rasa percaya diri dan sebagainya.

Istilah seni merupakan terjemahan dari bahasa inggris “art”. Istilah seni juga disebutka dari kata “seni” dalam bahasa sansekerta yang berarti pemujaan, donasi, permintaan, atau pencarian dengan hormat dan jujur. Ada juga yang menyebut istilah seni berasal dari bahasa “genie” yang artinya jenius.

Hakikatnya kaligrafi mempunyai banyak pengertian yang diungkapkan oleh para ahli, dan penulis menyimpulkan bahwa kaligrafi adalah seni menulis indah yang menggunakan pena dan memiliki metode atau cara-cara tertentu dalam penulisannya

Tujuan pembuatan kaligrafi mula-mula adalah untuk mengagungkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, tetapi kemudian berkembang kaligrafi yang lebih mementingkaan keindahan. Seni kaligrafi inilah yang kemudian juga digunakan sebagai hiasan arsitektur masjid, keramik, kaca berwarna, dan lain-lain. Pokok penggambaran kaligrafi adalah ayat suci Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi Muhammad saw.

Kaligrafi berkembang menjadi salah satu mata pelajaran ekstrakurikuler dan unit kegiatan mahasiswa, dibeberapa sekolah dan perguruan tinggi. Karena kaligrafi identik degan bahasa arab atau bahasa Al-qur’an, bahwa bahasa arab merupakan media atau sarana untuk menulis kaligrafi yang indah, menarik untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dan merupakan seni karya manusia dalam usahanya mengembangkan minatnya dalam menulis huruf arab dengn baik.

MA Muhammadiyah Nunu Palu adalah sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler seni kaligrafi, yaitu pada hari selasa dan rabu yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam menulis huruf arab yang baik dan benar. Kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi diharapkan dapat memberi kontribusi positif bagi kemahiran para peserta didik dalam menulis Al-Qur’an dan Hadist.

Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler seni kaligrafi terhadap peningkatan kreativitas peserta didik di MA Muhammadiyah Nunu Palu, dan Bagaimana implikasi ekstrakurikuler seni kaligrafi terhadap peningkatkan kreatifitas peserta didik di MA Muhammadiyah Nunu Palu.

Nama : Irawati A. Sahman