Persepsi Siswa Terhadap Kondisi Kelas Dan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sdn 4 Karamat Kecamatan Karamat Kabupaten Buol

Dalam suatu lembaga pendidikan keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar yang di capai oleh peserta didik. Hasil belajar tersebut merupakan prestasi belajar peserta didik yang dapat diukur dari nilai siswa setelah mengerjakan soal yang diberikan oleh guru pada saat evaluasi dilaksanakan. Keberhasilan pembelajaran di sekolah akan terwujud dari keberhasilan belajar siswanya. Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam individu maupun dari luar individu. Faktor dari dalam individu, meliputi faktor fisik dan psikis, di antaranya adalah motivasi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dapat memberikan dukungan yang positif dalam belajar, namun dapat juga menghambat proses belajar. Hambatan-hambatan yang terjadi berakibat pada hasil belajar individu yang mengalami proses belajar tidak sesuai dengan yang diinginkannya. Keadaan-keadaan tersebut berdampak pada timbulnya masalah pada proses belajar selanjutnya. Motivasi belajar siswa yang rendah akan menjadi hambatan yang sangat berarti pada proses pembelajaran, karena dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Oleh karena itu guru diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Permasalahan belajar seperti yang diungkapkan tersebut terjadi pada siswa di SDN 4 karamat. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian nilai yang rendah. Banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah 60, tidak sesuai yang diharapkan oleh guru.

Anggapan tentang sulitnya belajar dengan Kondisi kelas yant tidak sesuai sering mendominasi pemikiran siswa sehingga banyak di antara mereka kurang berminat untuk belajar dengan baik diakibatkan kondisi kelas yang kurang memadaidan siswa kurang belajar.

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada bulan februari2016 dan wawancara dengan guru-guru di SDN 4 karamat jumlah siswa  kelas I s/d IV 74 orang kisaran 60% kurang memahami pelajaran.Rendahnya minat belajar siswa dapat dilihat pada saat sisiwa menerimah materi pelajaran. Hal ini ditunjukkkan dengan sikap siswa yang cenderung ramai sendiri, Mengobrol dengan teman, ada beberapa siswa yang mengerjakan PR pelajaran lain dan kurang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung. Bila siswa diberi latihan soal yang agak sulit, siswa tidak mengerjakan soal tersebut dan tidak termotivasi untuk mencari penyelesaian dari soal tersebut. Siswa lebih senang menunggu guru menyelesaikan soal tersebut. Hal ini disebabkan kondisi kelas yang tidak sesuai

Nama : IRMA DERMAN