Analisis Nilai Ekonomi Limbah Industri Kelapa Sawit di PT. Sandabi Indah Lestari Kabupaten Bengkulu Utara)

PT. Sandabi Indah Lestari merupakan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Kabupaten Bengkulu Utara. PT. SIL ini memiliki 3 wilayah perkebunan di Provinsi Bengkulu, yaitu wilayah perkebunan di Lubuk Banyau, Seluma dan Ketahun.

Kapasitas sekali produksi dalam PMKS PT. Sandabi Indah Lestari ini adalah 45 ton/jam dan menghasilkan 120-150 ton minyak kelapa sawit per hari. Selain menghasilkan CPO dan kernel, PMKS PT. Sandabi Indah Lestari juga menghasilkan produk sampingan, yaitu limbah.

Limbah padat berupa limbah janjang kosong, cangkang (shell), serabut (fiber) dan solid, sedangkan limbah cair dapat berupa minyak kotor dan condensate. Selama ini PMKS PT. Sandabi Indah Lestari hanya melakukan pengelolaan terhadap limbah dan tidak memperhitungkan nilai ekonomi yang sebenarnya ada pada setiap limbah yang dihasilkan tersebut. Jika diketahui nilai ekonomi limbah yang sesungguhnya, maka perusahaan akan mengetahui pula keuntungan yang seharusnya diperoleh perusahaan.

Oleh karena itu, penelitian mengenai analisis nilai ekonomi ini perlu dilakukan. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengidentifikasi jenis dan bentuk limbah, serta menghitung dan menganalisis nilai ekonomi dari limbah industri (limbah padat dan limbah cair) yang dihasilkan PMKS PT. Sandabi Indah Lestari.

Nama : Shofaul Afifah

Sumber : https://media.neliti.com/media/publications/74571-ID-analisis-nilai-ekonomi-limbah-industri-k.pdf