Analisis Tingkat Kepuasan Petani Jagung terhadap Pelayanan Lembaga Pemasarannya di Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko

Keberadaan lembaga pemasaran jagung sangat penting demi pengembangan agribisnis jagung dari aspek pemasaran. Survai di Kecamatan Lubuk Pinang yang merupakan salah satu wilayah penghasil jagung terbesar di Kabupaten Muko-muko menunjukkan bahwa ada dua lembaga pemasaran pada wilayah tersebut.

Kedua toke (pedagang pengumpul desa) ini sebagai pedagang yang membeli atau mengumpulkan jagung pipil dari tangan petani. Masing-masing toke (pedagang pengumpul desa) yaitu atas nama bapak Ponimin (lembaga pemasaran 1) dan bapak Kustur (lembaga pemasaran 2) merupakan toke yang aktif pada tingkat desa sehingga kedua toke inilah sebagai lembaga pemasaran terpilih yang masing-masing akan dinilai oleh petani-petani yang berhubungan langsung dengan toke-toke tersebut. Pelayanan dari lembaga pemasaran terbagi atas beberapa dimensi yang masing-masing dimensi memiliki item-item atribut layanan.

Atribut-atribut inilah yang dinilai oleh petani jagung untuk melihat tingkat kepuasan yang diawali dengan indetifikasi kinerja dan kepentingan masing – masing atributnya. Artinya untuk melihat tingkat kepuasan petani jagung terhadap lembaga pemasarannya, tahap awal yang dilakukan adalah menilai tingkat kinerja dan tingkat kepentingan dari atribut masing-masing layanan lembaga pemasaran tersebut apakah atribut layanan kinerja dari lembaga pemasaran baik ataukah kategori lainnya dan juga atribut-atribut layanan tersebut dianggap penting atau tidak bagi petani.

Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui atribut-atribut mana sajakah yang dianggap penting oleh petani dan perlu ditingkatkan oleh lembaga pemasarannya dan (2) Selanjutnya dari penilaian tingkat kinerja dan tingkat kepentingan tersebut akan bisa diukur tingkat kepuasan masing-masing petani terhadap layanan lembaga pemasaran yang bersangkutan.

Nama : Irvan Diyahya

Sumber : https://media.neliti.com/media/publications/74768-ID-analisis-tingkat-kepuasan-petani-jagung.pdf