Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pembelian Minyak Goreng Curah Pada Rumah Tangga Di Kota Bengkulu

Minyak goreng merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok yang cukup penting peranannya bagi masyarakat Indonesia dan juga bagi perekonomian Indonesia. Minyak goreng dapat berpengaruh cukup signifikan terhadap suatu produk yang proses pengolahannya menggunakan minyak goreng, khususnya bagi industri makanan. Dapat terlihat dari pengalaman selama ini yang menunjukkan bahwa kelangkaan minyak goreng dapat menyebabkan timbulnya dampak ekonomis dan politis yang cukup berarti bagi perekonomian nasional.

Produksi minyak sawit harus dapat terus memenuhi permintaan industri minyak goreng sawit yang bahan baku utamanya menggunakan minyak sawit (Abidanish, 2010). Provinsi Bengkulu termasuk salah satu provinsi yang tentunya juga membutuhkan minyak goreng untuk kebutuhan konsumsi dalam penggunaan rumah tangga ataupun untuk berdagang. Dari data BPS (2013), konsumsi rata-rata penduduk Kota Bengkulu per kapita sehari untuk minyak goreng pada tahun 2010 terlihat cukup tinggi dibandingkan tahun lainnya yaitu 0,66 gram.

Dari tahun ke tahun, konsumsi minyak goreng curah di Kota Bengkulu menurun, hal ini dikarenakan konsumen lebih memilih pada minyak goreng yang bermerek dibandingkan minyak goreng curah. Akan tetapi, walaupun konsumen banyak memilih mengkonsumsi minyak goreng bermerek, banyak juga konsumen tetap bertahan terhadap minyak goreng curah yang dikarenakan harga yang relatif murah. Saat ini kita bisa lihat maraknya produk minyak goreng bermerek yang beredar di pasaran Kota Bengkulu. Produk minyak goreng bermerek itu diantaranya: Bimoli, Filma, Kunci Mas, Sania, Sunco, dan lain-lain. Meskipun minyak goreng bermerek memiliki banyak keunggulan dan kian marak beredar di pasaran Kota Bengkulu, minat konsumen untuk membeli minyak goreng curah masih ada (Amang, 1996).

Dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian konsumen terhadap minyak goreng curah. Meskipun minyak goreng bermerek kian marak di pasaran Kota Bengkulu, namun masih tergolong tinggi konsumen yang memilih minyak goreng curah untuk dikonsumsi. Dengan adanya pilihan produk tersebut maka menjadi perlu untuk diteliti faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat pembelian minyak goreng curah pada rumah tangga di Kota Bengkulu.

Nama : Putry Anggraini

Sumber : https://media.neliti.com/media/publications/136231-ID-none.pdf