Kontribusi Pendapatan USAhatani Padi Sawah, Itik Petelur, Dan Ikan Air Tawar Terhadap Pendapatan Total USAhatani Di Kabupaten Lebong

Karakteristik petani padi sawah di Kabupaten Lebong secara umum lebih difokuskan pada pada umur, matapencaharian utama, tingkat pendidikan dan lama pendidikan. Mata pencaharian utama masyarakat di Kabupaten Lebong sebagai petani padi sawah sebesar 97,5 persen. Usahatani padi sawah berkontribusi besar dalam pendapatan rumah tangga petani. Sebagian besar petani berada pada kelompok usia produktif sebesar 87,5 persen. Usia produktif berada pada kisaran 15 – 65 tahun (Mubyarto, 1980). Dalam rentang usia ini kemampuan fisik petani dalam kondisi prima untuk aktifitas usahatani padi sawah yang membutuhkan daya tahan fisik tinggi.

Tingkat produktifitas kerja petani dalam rentang usia ini lebih tinggi dibandingkan rentang usia lainnya. Rata-rata tingkat pendidikan Sekolah Dasar sebesar 47,5 persen serta Sekolah Menengah Atas sebesar 37,5 persen. Kondisi mengindikasikan bahwa pengalaman atau keahlian menjadi petani padi sawah tidak diperoleh pada pendidikan formal.

Pengalaman menjadi petani padi sawah diperoleh secara turun temurun dari orang tua, tetangga atau belajar autodidak. Hal ini terindikasi dari pengalaman petani berusahatani padi sawah selama 11 – 20 tahun. Luas lahan yang dikelola petani rata-rata 0.50 ha dengan persentase 47,5 persen. Mayoritas lahan yang dikelola sebesar 67,5 persen adalah milik sendiri. Di musim tertentu usahatani padi sawah tidak dapat dilakukan akibat intensitas serangan hama tikus tinggi.

Kondisi ini menyebabkan penurunan produksi dan pendapatan. Untuk mengatasi kondisi ini, secara turun temurun masyarakat melakukan sistem pergiliran tanaman padi-palawija, padi-ikan, padi-ikan dan itik. Hal ini secara teknis bertujuan untuk menghambat siklus alami hama tikus, sedangkan secara ekonomi untuk meningkatkan kontribusi pendapatan usahatani padi sawah. Pertanyaannya adalah seberapa besar kontribusi pendapatan tiap jenis usahatani melalui system ini terhadap pendapatan total usahatani padi sawah?

Nama : Satria Ageng Prasetyo

Sumber : https://media.neliti.com/media/publications/74468-ID-kontribusi-pendapatan-usahatani-padi-saw.pdf