Pendidikan Kebangsaan Dalam Perspektif Pendidikan Islam

Pendidikan Islam sebagai bagian dari sistem sosial yang dipahami sebagai aktivitas bimbingan yang disengaja untuk mencapai kepribadian muslim pada operasionalisasinya melibatkan berbagai komponen yang berkaitan erat satu sama lainnya. Oleh karena itu, Mappanganro mengemukakan pendidikan Islam pada dasarnya adalah sebuah sistem, dimana proses pendidikan Islam dipahami sebagai interaksi antara komponen yang satu dengan yang lainnya guna mencapai tujuan pendidikan Islam (Mappanganro, 1996). Pada hakikatnya, pendidikan Islam adalah suatu proses yang berlangsung secara kontinyu dan berkesinambungan.

Pada awal abad ke-19 di Indonesia muncul gerakan nasional khususnya dari kalangan Islam yang mencoba menghimpun kekuatan untuk melawan pemerintah kolonial Belanda, mulai dari Budi Utomo, Sarekat Dagang Islam yang kemudian berkembang menjadi Serikat Islam dan gerakan-gerakan lainnya (Amelz, 1952). Dari pergerakan itulah muncul para tokoh intelektual terkemuka dari kalangan Islam, salah satu tokoh yang terkenal adalah Oemar Said Cokroaminoto. Ia merupakan seorang tokoh yang memiliki peranan penting dalam perkembangan organisasi Sarekat Islam. Sebagai Intelektual Islam tentunya banyak pemikiran-pemikiran yang ia lahirkan.

Salah satu gagasannya adalah tentang konsep Sosialisme Islam. Amelz mengatakan bahwa berawal dari penjajahan Belanda yang mengeksploitasi Indonesia dari berbagai bidang mulai perdagangan, sosial-politik, pendidikan dan berbagai bidang lainnya. Muncul Sarekat Islam (kelanjutan dari Sarekat Dagang Islam) sebagai pergerakan yang mengusung kemerdekaan dengan berbasiskan Islam.

Namun dalam perjalanan sejarah dari masa ke masa sebagaimana pendapat Ajib Rosidi yang menyatakan bahwa Cokroaminoto dalam sejarahnya sampai sekarang masih sangat kurang mendapatkan sorotan perhatian dan publikasi secara nasional. Bahkan terjadi persepsi dengan menganggapnya bahwa H.O.S. Cokroaminoto hanya sebatas tokoh Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII). Pada hal perjalanan sejarahnya beliau merupakan seorang tokoh yang banyak berjasa dengan ide dan konsep terhadap pembangunan bangsa ini. Hal tersebut terbukti dimana H.O.S. Cokroaminoto merupakan peletak dasar pemikiran tentang berbagai persoalan nasional termasuk pendidikan kebangsaan. Banyak konsep dan kerangka pikir yang lahir serta muncul diberbagai individu yang mereka tidak sadari, ternyata semuanya itu merupakan konsep dasar dari pemikiran Cokroaminoto (Rosidi dan Ajib, 1973).

Nama : Johari Rugani

Sumber : https://media.neliti.com/media/publications/70260-ID-pendidikan-kebangsaan-dalam-perspektif-p.pdf