Efektifitas Media Arang Batok Kelapa Dalam Menurunkan Kadar Salinitas Pada Air Bersih Di Ake Gaale Tahun 2017

, , Leave a comment

Air minum merupakan kebutuhan hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan sehari hari. Air minum yang bersih dan sehat mutlak dibutuhkan oleh setiap manusia untuk tetap bertahan hidup, mulai dari masyarakat golongan ekonomi lemah maupun ekonomi tinggi.

Instalasi Sumber Air di Akegaale terjadi Intrusi Air laut, dimana kenaikan permukaan air laut, penurunan permukaan tanah dan pengambilan air tanah yang dilakukan secara terus-menerus menyebabkan majunya air laut kearah darat utamanya terjadi pada akuifer dalam akan bercampur dengan air tanah dan menyebabkan penurunan kualitas air tanah tersebut.

Intrusi air laut menyebabkan kadar salinitas pada air tanah meningkat, sehingga air tidak layak dikonsumsi sebagai air minum. Salah satu metode pengolahan air untuk dapat menurunkan kadar salinitas adalah dengan cara filtrasi/penyaringan menggunakan arang batok kelapa.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen murni, penelitian ini menggunakan pretest–postest dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.

Nama : Idayani Sangadjisowohy