Memahami SEO & Pengertiannya

SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “search engine optimizer”. Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. Pastikan meneliti kemungkinan keuntungan serta kelemahan yang dapat ditimbulkan oleh SEO yang tidak bertanggung jawab terhadap situs Anda. Banyak SEO dan agen serta konsultan lain yang menyediakan layanan yang bermanfaat bagi pemilik situs web, meliputi:

  • Ulasan tentang konten atau struktur situs Anda
  • Saran teknis tentang pengembangan situs web: misalnya, hosting, pengalihan, halaman error, dan penggunaan JavaScript
  • Pengembangan konten
  • Manajemen kampanye pengembangan bisnis online
  • Penelitian kata kunci
  • Pelatihan SEO
  • Keahlian dalam pasar dan geografis tertentu.

SEO

Jika Anda berencana menggunakan Jasa SEO, semakin cepat semakin baik. Waktu yang tepat untuk mempekerjakan SEO adalah saat Anda mempertimbangkan perancangan ulang situs atau berencana meluncurkan situs baru. Dengan cara itu, Anda dan SEO dapat memastikan bahwa Anda merancang situs yang ramah mesin telusur. Akan tetapi, SEO yang baik juga dapat membantu Anda menyempurnakan situs yang sudah ada.

  1. Buat komitmen bahwa Anda akan menerapkan perubahan yang direkomendasikan. Perlu waktu dan tenaga untuk menerapkan perubahan yang rekomendasikan oleh SEO; jika Anda tidak ingin meluangkan waktu untuk membuat perubahan ini, tidak ada gunanya menyewa tenaga profesional.
  2. Wawancarai calon SEO Anda. Beberapa pertanyaan berguna untuk ditanyakan kepada SEO meliputi:
    • Dapatkah Anda menunjukkan kepada saya contoh hasil kerja sebelumnya dan berbagi beberapa kisah sukses?
    • Apakah Anda mematuhi Pedoman Webmaster Google?
    • Apakah Anda menawarkan layanan pemasaran online atau nasihat untuk melengkapi bisnis penelusuran organik Anda?
    • Jenis hasil pencarian apakah yang ingin Anda lihat dan dalam batasan waktu apa? Bagaimana cara Anda mengukur keberhasilan?
    • Apa pengalaman Anda dalam industri saya?
    • Apa pengalaman Anda di negara/kota saya?
    • Apa pengalaman Anda dalam mengembangkan situs internasional?
    • Apa teknik SEO yang terpenting bagi Anda?
    • Sudah berapa lama Anda bekerja dalam bisnis ini?
    • Bagaimana cara saya menghubungi Anda? Apakah Anda bersedia memberitahukan semua perubahan yang Anda buat pada situs saya, dan menyediakan informasi mendetail tentang rekomendasi Anda beserta alasannya?
    • Ketahui apakah SEO tertarik pada Anda dan bisnis Anda. Jika tidak, carilah yang lain. SEO yang baik akan mengajukan pertanyaan seperti:
      • Apa yang membuat bisnis atau layanan Anda unik dan bernilai bagi pelanggan?
      • Siapa pelanggan Anda?
      • Bagaimana bisnis Anda menghasilkan uang, dan bagaimana hasil penelusuran dapat membantu?
      • Apa saluran iklan lainnya yang Anda gunakan?
      • Siapa pesaing Anda?
  3. Periksa referensi bisnis SEO Anda. Tanyakan kepada klien sebelumnya apakah menurut mereka SEO ini memberikan layanan yang bermanfaat, enak diajak bekerja sama, dan memberikan hasil yang positif.
  4. Minta audit teknis dan penelusuran atas situs Anda untuk mempelajari apa yang menurut SEO perlu dilakukan, alasannya, dan hasil yang bisa diharapkan. Anda mungkin perlu membayar untuk layanan ini. Anda mungkin perlu memberikan akses baca saja ke situs Anda di Search Console. (Pada tahap ini, jangan berikan akses tulis.) Calon SEO harus bisa memberikan perkiraan peningkatan yang realistis dan apa saja kira-kira pekerjaan yang perlu dilakukan. Jika mereka menjamin bahwa perubahan yang dibuat akan membuat situs Anda muncul di tempat teratas dalam hasil penelusuran, temukan SEO lain.
  5. Putuskan apakah Anda ingin mempekerjakan SEO.

Facebook: https://www.facebook.com/
Twitter: https://twitter.com/