Cara Kerja dan Jenis Backlink (Tautan Balik)

Tautan balik (backlink) hanyalah tautan dari satu situs web ke situs web lainnya. Mesin pencari seperti Google menggunakan backlink sebagai sinyal peringkat karena ketika satu situs web terhubung ke situs web lain, itu berarti mereka percaya bahwa kontennya patut diperhatikan. Tautan balik berkualitas tinggi dapat membantu meningkatkan posisi peringkat situs dan visibilitas dalam hasil mesin pencari (Search Engine Optimization “SEO”).

Bagaimana Cara Kerja Backlink?

Tautan balik memainkan peran penting dalam algoritma mesin pencari, SEO, dan strategi keseluruhan Anda untuk mengembangkan situs web Anda.
Misalnya, Johny adalah seorang blogger, dan dia menulis artikel yang sangat menarik tentang acara olahraga.
Blogger lain, Ellys menautkan ke artikel John saat membagikan sudut pandangnya. Karena dia menulis tentang topik di situs majalah daringnya yang terkenal, ini menciptakan backlink ke posting John.
Karena majalah online itu populer, banyak situs lain akan menautkan kembali ke artikelnya. Ini meningkatkan otoritas majalah online, dan artikel John juga mendapat backlink yang berharga dari situs terkemuka.
Pada dasarnya hal ini merupakan win-win solution.

Jenis-Jenis Backlink

Ada dua tipe dasar backlink, dan satu lebih berharga daripada yang lain. Mari kita lihat masing-masing dan bagaimana pengaruhnya terhadap situs Anda.

  1. Nofollow
  2. Dofollow

Tautan Nofollow memberi tahu mesin pencari untuk mengabaikan tautan. Mereka tidak memberikan nilai apa pun dari satu situs ke situs lainnya. Jadi, biasanya mereka tidak membantu dalam meningkatkan peringkat atau visibilitas pencarian Anda.
Tautan dofollow adalah jenis tautan balik yang diinginkan semua orang. Perlu diingat bahwa mereka yang datang dari situs yang dihormati memiliki nilai paling tinggi. Tautan balik semacam ini dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Anda.
Namun, ada tautan dofollow yang dianggap buruk atau ‘beracun’. Tautan ini berasal dari situs yang mencurigakan atau diperoleh dengan melanggar ketentuan layanan mesin pencari.
Ini dapat menyebabkan Google menghukum atau bahkan menghapus indeks situs Anda. Ingat, ini bukan tentang jumlah backlink, tetapi kualitas yang membuat perbedaan dalam peringkat.

Lalu Bagaimana Mendapatkan Backlink Berkualitas?

Ada beberapa cara untuk mendapatkan backlink berkualitas, antara lain:

  • Di dapatkan dari menulis artikel (guest post) pada website yang menerimanya.
  • Memiliki beberapa website, menulis artikel di beberapa website milik sendiri dengan memberikan backlink pada website yang dituju. Dalam hal ini harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli domain maupun blog yang berkualitas tinggi dan sudah siap pakai seperti Blog AC ID.
  • Artikel yang ditulis sangat bermanfaat bagi orang yang mencari informasi, sehingga artikel tersebut di bagikan di media sosial, di kutip pada website miliknya dengan memberikan sumber backlink, dan sebagainya.
  • Menggunakan jasa blog post.